Pertumbuhan
dan Perkembangan adalah dua buah kata yang mempunyai maksud hampir sama namun
memiliki arti yang berbeda. Semua makhluk hidup atau organisme dalam hidupnya
mengalami proses perubahan biologis. Perubahan tersebut terjadi disebabkan
semua organisme mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
A. PERTUMBUHAN
Pertumbuhan ( Growth ) adalah perubahan KUANTITATIF ( berupa pembesaran atau pertambahan dari tidak ada menjadi ada, dari kecil menjadi besar, dst ) pada materiil sesuatu akibat dari adanya pengaruh dari lingkungan. Contoh : munculnya gigi baru, semakin bertambahnya jumlah gigi, semakin bertambahnya tinggi badan, dst.
B. PERKEMBANGAN
Perkembangan ( Development ) adalah suatu proses perubahan ke arah kedewasaan atau pematangan yang bersifat KUALITATIF ( ditekankan pada segi fungsional ) akibat adanya proses pertumbuhan materiil dan hasil belajar dan biasanya tidak dapat diukur. Contoh : pematangan sel ovum dan sperma, munculnya kemampuan berdiri dan berjalan, dst.
C. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN
1.
Menurut Teori Empirisme
Teori empirisme disebut juga teori
tabularasa dan environmentalism. Teori ini dipelopori oleh JOHN LOCKE
(1632-1704). Menurut teori empirisme, perkembangan individu ditentukan oleh
lingkungannya. Teori ini beranggapan bahwa pembawaan itu tidak ada. John Locke
menyatakan bahwa pada saat dilahirkan, jiwa individu dalam keadaan kosong
(ibarat tabularasa yang belum tertulis), dan lingkunganlah yang akan mengisi
kekosongan tersebut.
2.
Menurut Teori Nativisme
Teori nativisme dengan tokohnya
ARTHUR SCHOPENHASUER (1788-1880), beranggapan bahwa perkembangan individu
semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir (pembawaan).
Bila individu dilahirkan dengan pembawaan yang baik dengan sendirinya
perkembangannya anak baik, dan sebaliknya.
3.
Menurut Teori Konvergensi
Teori konvergensi disebut juga teori
interaksionisme. Teori ini dikemukakan oleh WILLIAM STERN (1871-1939). Menurut
Stern, perkembangan individu merupakan hasil perpaduan atau interaksi antara
faktor pembawaan dengan faktor lingkungan. Pembawaan sudah ada pada
masing-masing individu sejak kelahirannya. Dan pembawaan ini tidak dapat
berkembangan menjadi kecakapan nyata bila tidak mendapat pengaruh dari
lingkungan.
Ø Setiap
individu mempunyai kecepatan perkembangan;
Ø Perkembangan
seseorang, baik secara keseluruhan maupun setiap aspek tidak konstan melainkan
berirama;
Ø Proses
perkembangan dengan mengikuti pola tertentu;
Ø Proses
perkembangan berlangsung secara berkesinambungan;
Ø Antara aspek
perkembangan yang satu dengan aspek yang lain saling berkaitan atau berkolerasi
secara signifikan;
Ø Perkembangan
berlangsung dari pola yang bersifat umum ke khusus;
Ø Perkembangan
dipengaruhi oleh hereditas dan lingkungan;
3 komentar:
makasih artikelnya membantu tugas sekolah saya sekali
terimakasih artikelnya bagus sekali untuk wawasan baru.
Sayangnya yang prinsip2 itu didukung oleh ahli siapa ya kalau boleh tau??
Sangat membantu..👌👌
Posting Komentar